Selasa, 17 Januari 2017

Article In English beserta contohnya

Sering kali kita meremehkan penggunaan artikel, mungkin salah satu sebabnya adalah karena penggunan artikel itu sering kali membingunkan. Apalagi sering timbul pertanyaan "perlu ngak yakita memasukkan artikel didepan kata benda (noun)?" Pada dasarnya artikel berfungsi untuk menunjukkan seberapa khusus atau seberapa umum sebuah kata benda. Ada tiga jenis kata artikel yaitu; the, a/an, dan satu lagi adalah yang tidak memiliki artikel (zero article).Untuk memahami penggunaan artikel tidaklah mudah, dengan belajar berangsur-angsur dan bembacanya berulang- ulang, mudah-mudah kemampuan bahasa inggris kita berkembang dan dengan mudah kita memahami penggunan artikel dalam bahasa inggris.


Berikut penjelasan mengenai macam-macam artikel dalam bahasa inggris;
1. Artikel a/an
Dalam bahasa inggris, artikel a dan an disebut juga Indefinete Article,a dan an bisa berarti sesuatu/ seekor/ seorang/ seorang dst. Arti dari artikel tersebut tergantung pada kata  benda sesudahnya.
an apple  : sebuah apel
a lady      :seorang wanita
a leaf       :sehelai daun dst
an hour    :sejam (satu jam)
Penggunan adan an
Perlu diingat bahwa artikel a dan an hanya dapat diikuti oleh singular nouns(benda tunggal), dan tidak boleh diikuti secara langsung oleh uncoutable noun (benda yang tidak dapat dihitung).
Contoh:
I am looking for a sugar
She has a water
My father need a salt
Kita ketahui bahwa sugar, water dan saltadalah uncountable noun, maka kalimat- kalimat di atas salah jika kita meletakkan artikel sebelum kata benda tersebut.
Kalimat yang benar adalah:
     She has water
     My brothers need salt
Telah disebutkan di atas bahwa artikel a dan an disebut juga indifinete article. Indifinite berarti sesuatu yang tidak pasti, dengan kata lain masih umum dan belum spesifik.
Contoh;
     I have a book at home (Saya mempunyai sebuah buku di rumah)
Jika anda mengatakan "a book" berarti lawan bicara anda tidak mengetahui buku apa yang anda punya, karena pastinya banyak jenis bukudi rumah anda. Berarti makna yang bisa di ambil adalah masih bersifat umum, belum spesifik buku apa dan buku yang mana yang anda maksud.
2. Artikel The
Artikel the dalam bahasa inggris disebut juga Definete berarti pasti/ tentu/ jelas. Artikel ini digunakan untuk sesuatu yang khusus atau spesifik.
Contoh;
    Cut the cake
    I love the girl
Pada contoh kalimat di atas, artikel the menunjukkan bahwa benda itu spesifik baik berbicara dan lawan bicara sudah mengetahui benda yang dimaksud. Jika mengatakan "closs the door!" berarti berbicara dan lawan bicara sudah mengetahui pintu yang mana yang harus ditutup. "cut the cake!" berarti sudah mengetahui kue yang mana yang harus di potong.
Catatan: Artikel the juga bisa diletakkan sebelum kata benda jamak (plural nouns).
Misalnya: The Student, The Book, The Cars.
3. Zero Article
Zero article umum digunakan apabila sesuatu tidak bisa dibedakan apakah termasuk definite(pasti) atau indefinit (tidak tentu), dengan kata lain zero artikel adalah peniadaan artikel sebelum kata benda tersebut.
Zero article digunkan di depan kata benda jamak yang dapat dihitung.
Misalnya:I like monkeys. I like a monkeys
                Stars are beautiful. A stars are beautiful.
Zero article digunakan di depan kata benda tunggal yang tidak dapat di hitung.
Misalnya:I like juice. I like a juice.
                Engglis is fun. The english is fun
Article di gunakan di depan kata benda khusus/ diri (proper noun).
Misalnya: My name is Tom. My name is a Tom
                  I live in Indonesia. I live in Indonesia.


EmoticonEmoticon